BLOG SMPN 2 CIMAHI
this site the web

Selasa, 16 November 2010

Profil

Tujuan SMP Negeri 2 Cimahi Kabupaten Kuningan
Tujuan dalam penyusunan Kurikulum merupakan jabaran dari visi dan misi agar komunikatif dan bisa diukur sebagai berikut:

Misi 1      : Meningkatkan Iman dan Taqwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Tujuan   :
1.      Meraih minimal juara 3 MTQ Tingkat Kabupaten
2.      Dimilikinya grup kesenian yang bernuansa islami (Nasid)
3.      Terlaksananya ibadah sholat dhuhur berjamaah setiap hari di sekolah.
4.      Terselenggaranya sholat jumat di sekolah
 
Misi 2      : Meningkatkan dan memanfaatkan prestasi akademik dan nilai
Tujuan   :
1.      Meraih minimal 5 besar di tingkat kabupaten dalam Lomba Cerdas Tangkas Mata Pelajaran Matematika.
2.      Meraih minimal Juara 3 di tingkat kabupaten dalam lomba Pidato Mata Pelajaran Bahasa Inggeris.
3.      Meraih 5 besar di tingkat kabupaten dalam olympiade Sains (Fisika, Biologi, Matematika).
4.      Memperoleh Juara 2 dalam loba Bola Basket di Wilayah III Cirebon

Misi 3      :  Meningkatkan disiplin semua warga sekolah melalui keteladanan
Tujuan   :
1.      Memberikan contoh yang baik antar pendidik dan siswa sehingga terwujud komunikasi yang baik
2.      Mampu menampilkan kebiasaan sopan santun dan berbudi pekerti sebagai cerminan akhlak mulia dan iman taqwa

Misi 4      : Meningkatkan profesionalisme administrasi dan dokumentasi
Tujuan   :
1.      Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
2.      Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
3.      Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi;
4.      Melaksanakan praktik kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktik kerja industri (PRAKERIN);
5.      Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus.

Misi 5      : Menciptakan lingkungan sekolah ASRI dan kondusif.
Tujuan   :    
1.    Upaya pendidikan baik formal maupun non formal yang dilaksanakan secara  sadar, berencana, terarah, teratur dan bertanggung jawab dalam rangka memperkenalkan, menumbuhkan, membimbing dan mengembangkan suatu dasar kepribadian yang seimbang utuh dan selaras antara pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bakat
2.    Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah;
2.    Melaksanakan kegiatan 7 K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan

Misi 6      : Mengedepankan kebersamaan dalam mewujudkan sekolah yang sejahtra
Tujuan :   
1.  Menjalin silaturahmi antar komponen pendidik dan masyarakat orang tua siswa
2.  Sejahteranya warga sekolah
Tujuan tersebut secara bertahap akan dimonitoring, dievaluasi, dan dikendalikan setiap kurun waktu tertentu, untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah yang dibakukan secara nasional, sebagai berikut:
1.     Meyakini, memahami, dan menjalankan ajaran agama yang diyakini dalam kehidupan.
2.     Memahami dan menjalankan hak dan kewajiban untuk berkarya dan memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
3.     Berpikir secara logis, kritis, kreatif, inovatif dalam memecahkan masalah, serta berkomunikasi melalui berbagai media.
4.     Menyenangi dan menghargai seni.
5.     Menjalankan pola hidup bersih, bugar, dan sehat.
6.     Berpartisipasi dalam kehidupan sebagai cerminan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air.

Selanjutnya, atas keputusan bersama, SKL tersebut lebih kami rinci sebagai berikut:
1.    Mampu menampilkan kebiasaan sopan santun dan berbudi pekerti sebagai cerminan akhlak mulia dan iman taqwa.
2.    Mampu berbahasa Inggris secara aktif.
3.    Mampu mengaktualisasikan diri dalam berbagai seni dan olah raga, sesuai pilihannya.
4.    Mampu mendalami cabang pengetahuan yang dipilih.
5.    Mampu mengoperasikan komputer aktif untuk program microsoft word,  exsel, dan desain grafis.
6.    Mampu melanjutkan ke SMA/SMK terbaik sesuai pilihannya melalui pencapaian target pilihan yang ditentukan sendiri.
7.    Mampu bersaing dalam mengikuti berbagai kompetisi akademik dan non akademik di tingkat kecamatan, kodya, propinsi, dan nasional.
8.    Mampu memiliki kecakapan hidup personal, sosial, environmental dan pra-vocasional.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar